Book Appointment Now

Menguasai Procedure Text: Panduan Latihan Soal untuk Siswa SMP Kelas 3
Procedure text atau teks prosedur adalah salah satu jenis teks yang sering ditemui dalam kurikulum Bahasa Inggris SMP, terutama di kelas 3 (atau kelas 9). Teks ini memiliki fungsi utama untuk menjelaskan langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu, mulai dari membuat resep masakan, merakit alat, hingga menjalankan sebuah permainan. Memahami dan mampu membuat procedure text adalah keterampilan penting yang tidak hanya berguna dalam pembelajaran Bahasa Inggris, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
Bagi siswa SMP kelas 3, penguasaan procedure text menjadi semakin krusial. Pada jenjang ini, materi biasanya disajikan dengan lebih mendalam, mencakup variasi struktur, kosakata, dan penggunaan kalimat yang lebih kompleks. Latihan soal yang terarah dan komprehensif menjadi kunci untuk memperkuat pemahaman dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi ujian maupun tugas-tugas yang berkaitan dengan teks ini. Artikel ini akan menjadi panduan latihan soal procedure text yang komprehensif, membantu siswa SMP kelas 3 memahami struktur, ciri kebahasaan, dan menjawab berbagai tipe soal yang mungkin dihadapi.
Memahami Struktur dan Ciri Kebahasaan Procedure Text

Sebelum melangkah ke latihan soal, penting untuk merefleksikan kembali apa saja yang membuat sebuah teks dikategorikan sebagai procedure text. Memahami fondasi ini akan memudahkan siswa dalam menganalisis dan menjawab soal.
Struktur Umum Procedure Text
Sebuah procedure text umumnya terdiri dari dua bagian utama:
- Title (Judul): Ini adalah bagian yang paling jelas, menunjukkan apa yang akan dijelaskan cara membuatnya atau melakukannya. Contoh: "How to Make Fried Rice," "How to Operate a Computer," "How to Play Chess."
- Goal/Aim (Tujuan): Bagian ini menjelaskan hasil yang ingin dicapai dari mengikuti prosedur tersebut. Terkadang, tujuan ini tersirat dalam judul, namun pada beberapa teks, ia dijelaskan secara eksplisit di awal.
- Materials/Ingredients (Bahan-bahan/Alat): Bagian ini mencantumkan semua barang atau bahan yang diperlukan untuk menjalankan prosedur.
- Steps/Instructions (Langkah-langkah/Instruksi): Ini adalah inti dari procedure text. Bagian ini menyajikan serangkaian instruksi yang harus diikuti secara berurutan untuk mencapai tujuan. Setiap langkah harus jelas, spesifik, dan mudah dipahami.
Ciri Kebahasaan (Language Features)
- Penggunaan Imperative Mood (Kalimat Perintah): Ini adalah ciri paling menonjol. Kalimat perintah digunakan untuk memberikan instruksi langsung. Contoh: Mix, Add, Cut, Turn on, Insert.
- Penggunaan Simple Present Tense: Teks prosedur umumnya menggunakan simple present tense untuk menyatakan fakta atau kebiasaan yang berlaku secara umum. Contoh: "The water boils at 100 degrees Celsius."
- Penggunaan Conjunctions of Time (Kata Penghubung Waktu): Untuk menunjukkan urutan langkah, digunakan kata penghubung seperti: First, Second, Third, Then, Next, After that, Finally, Lastly.
- Penggunaan Adverbs of Manner (Kata Keterangan Cara): Untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan. Contoh: Gently, Carefully, Slowly, Quickly.
- Informal Language (Bahasa Informal): Tergantung pada konteksnya, teks prosedur bisa menggunakan bahasa yang agak informal, terutama dalam resep masakan atau panduan permainan. Namun, untuk tujuan akademis, bahasa yang cenderung formal dan lugas lebih umum digunakan.
Tipe-tipe Soal Latihan Procedure Text
Dalam ujian atau latihan, siswa SMP kelas 3 biasanya akan menemui beberapa tipe soal yang menguji pemahaman mereka terhadap procedure text. Memahami berbagai tipe ini akan membantu siswa dalam mempersiapkan diri.
-
Soal Pemahaman Makna (Reading Comprehension):
- Menentukan Judul yang Tepat: Siswa diminta memilih judul yang paling sesuai berdasarkan isi teks.
- Menentukan Tujuan Teks: Menemukan kalimat atau frasa yang menjelaskan tujuan dari teks prosedur tersebut.
- Menentukan Bahan/Alat yang Dibutuhkan: Mengidentifikasi daftar bahan atau alat yang tercantum dalam teks.
- Menentukan Urutan Langkah: Menghubungkan instruksi dengan urutan yang benar atau mengidentifikasi langkah selanjutnya/sebelumnya.
- Menentukan Makna Kata/Frasa: Memahami arti kata atau frasa tertentu dalam konteks teks prosedur.
- Menjawab Pertanyaan Spesifik: Menjawab pertanyaan tentang detail-detail dalam teks, seperti berapa lama suatu proses berlangsung, pada suhu berapa, atau bahan apa yang dicampur terlebih dahulu.
-
Soal Struktur Teks (Text Structure):
- Menyusun Kembali Langkah yang Acak: Siswa diberikan serangkaian langkah yang urutannya terbalik atau acak, lalu diminta untuk menyusunnya kembali sesuai urutan yang benar.
- Mengidentifikasi Bagian Teks: Membedakan mana yang merupakan judul, tujuan, bahan, atau langkah-langkah.
-
Soal Pembuatan Teks (Text Production – jarang dalam bentuk tertulis, lebih sering lisan atau sebagai tugas terpisah):
- Melengkapi Teks yang Rumpang: Siswa diminta mengisi bagian yang kosong dalam sebuah teks prosedur.
- Membuat Teks Prosedur Sederhana: Berdasarkan gambar atau deskripsi singkat, siswa diminta menulis teks prosedur.
Latihan Soal dan Pembahasannya
Mari kita selami beberapa contoh soal latihan yang sering muncul, beserta penjelasannya.
Contoh Teks 1: How to Make Orange Juice
How to Make Fresh Orange Juice
Goal: To make a glass of refreshing orange juice.
Ingredients:
- 2 ripe oranges
- 1 tablespoon sugar (optional)
- Cold water
Tools:
- Knife
- Juicer
- Glass
Steps:
- First, wash the oranges thoroughly.
- Next, cut the oranges in half.
- Then, squeeze the oranges using the juicer to extract the juice.
- After that, pour the juice into a glass.
- If you like it sweet, add sugar and stir.
- Finally, add cold water and stir gently. Your fresh orange juice is ready to serve.
Latihan Soal untuk Teks 1:
-
What is the main purpose of the text?
a. To describe oranges.
b. To explain how to make orange juice.
c. To list the benefits of orange juice.
d. To tell a story about oranges.Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengidentifikasi tujuan utama teks. Berdasarkan judul dan isi teks yang berisi langkah-langkah membuat sesuatu, jelas bahwa tujuannya adalah menjelaskan cara membuat jus jeruk. Pilihan (b) adalah jawaban yang paling tepat.
-
Which of the following is NOT mentioned as a tool needed to make orange juice?
a. Knife
b. Blender
c. Juicer
d. GlassPembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menemukan informasi spesifik dalam bagian "Tools". Siswa perlu membaca daftar alat dengan cermat. Daftar alat adalah: Knife, Juicer, Glass. Blender tidak disebutkan. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah (b).
-
What should you do after cutting the oranges in half?
a. Wash the oranges.
b. Squeeze the oranges.
c. Add sugar.
d. Pour the juice into a glass.Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman urutan langkah. Kata kunci adalah "after cutting the oranges in half". Merujuk pada teks, langkah setelah "cut the oranges in half" adalah "squeeze the oranges using the juicer". Jadi, jawaban yang benar adalah (b).
-
If someone wants their orange juice to be sweet, what should they add?
a. Cold water
b. Sugar
c. Oranges
d. SaltPembahasan: Soal ini menguji pemahaman detail pada salah satu langkah. Kalimat "If you like it sweet, add sugar and stir" secara eksplisit menjawab pertanyaan ini. Jawaban yang benar adalah (b).
-
The word "refreshing" in the goal is closest in meaning to:
a. Hot
b. Cold
c. Invigorating
d. BitterPembahasan: Soal ini menguji pemahaman kosakata dalam konteks. "Refreshing" merujuk pada sesuatu yang memberikan rasa segar. Pilihan (c) "Invigorating" memiliki makna yang paling dekat dengan "refreshing".
Contoh Teks 2: How to Use a Washing Machine
How to Operate a Washing Machine
Goal: To clean clothes using a washing machine.
Materials:
- Dirty clothes
- Detergent
- Fabric softener (optional)
Steps:
- First, separate your clothes by color and fabric type.
- Next, place the clothes into the washing machine drum. Do not overfill it.
- Then, add the appropriate amount of detergent into the detergent dispenser.
- After that, close the washing machine door.
- Select the wash cycle according to the fabric type (e.g., cotton, delicate).
- Press the start button. The machine will fill with water, wash, rinse, and spin.
- Finally, once the cycle is finished, remove the clean clothes promptly.
Latihan Soal untuk Teks 2:
-
What is the primary function of the text?
a. To list types of detergents.
b. To explain how to clean clothes with a washing machine.
c. To describe different washing machine models.
d. To teach how to dry clothes.Pembahasan: Mirip dengan soal pertama di Teks 1, soal ini meminta identifikasi tujuan teks. Judul dan langkah-langkahnya jelas menunjukkan proses membersihkan pakaian menggunakan mesin cuci. Jawaban yang tepat adalah (b).
-
According to the text, what is the first step before putting clothes into the machine?
a. Add detergent.
b. Select the wash cycle.
c. Separate clothes by color and fabric type.
d. Close the door.Pembahasan: Soal ini menanyakan langkah pertama. Dalam teks, langkah pertama disebutkan dengan jelas: "First, separate your clothes by color and fabric type." Jadi, jawaban yang benar adalah (c).
-
The phrase "Do not overfill it" in step 2 is an example of:
a. A suggestion
b. An instruction
c. A warning
d. A requirementPembahasan: Frasa "Do not overfill it" adalah sebuah instruksi yang melarang tindakan tertentu untuk menghindari masalah. Ini lebih kuat dari sekadar saran, dan merupakan bagian dari instruksi operasi. Meskipun bisa dianggap peringatan, dalam konteks teks prosedur, ia berfungsi sebagai instruksi negatif. Pilihan (b) adalah yang paling sesuai.
-
Where should you put the detergent?
a. Directly into the drum with the clothes.
b. Into the fabric softener dispenser.
c. Into the detergent dispenser.
d. On top of the machine.Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan membaca detail mengenai penempatan bahan. Langkah ketiga secara spesifik menyatakan: "add the appropriate amount of detergent into the detergent dispenser." Maka, jawaban yang benar adalah (c).
-
What is an optional material for washing clothes?
a. Detergent
b. Dirty clothes
c. Fabric softener
d. WaterPembahasan: Soal ini menguji pemahaman terhadap kata "optional". Kata ini menunjukkan sesuatu yang tidak wajib. Dalam daftar bahan, "Fabric softener (optional)" menandakan bahwa bahan ini tidak wajib digunakan. Jadi, jawabannya adalah (c).
Contoh Teks 3: How to Make a Paper Airplane
How to Fold a Paper Airplane
Goal: To create a simple paper airplane that can fly.
Materials:
- One sheet of A4 paper
Steps:
- First, fold the paper in half lengthwise. Make a sharp crease, then unfold it. This creates a center line.
- Next, fold the top two corners down to meet the center line.
- Then, fold the paper in half along the center line again, with the folded corners on the outside.
- After that, fold down one wing. The fold should start from the top point and go down towards the bottom edge, parallel to the center fold.
- Flip the paper over and repeat step 4 for the other wing, making sure it matches the first wing.
- Finally, unfold the wings slightly so they are at an angle. Your paper airplane is ready to fly!
Latihan Soal untuk Teks 3:
-
What is the main outcome of following these steps?
a. A folded envelope
b. A paper airplane
c. A paper boat
d. A decorated paperPembahasan: Judul dan deskripsi di bagian "Goal" sudah sangat jelas mengarah pada pembuatan pesawat kertas. Pilihan (b) adalah jawaban yang paling tepat.
-
The phrase "Make a sharp crease, then unfold it" in step 1 is done to:
a. Make the paper stronger.
b. Create a guide for the next folds.
c. Prepare the paper for cutting.
d. Make the paper look neater.Pembahasan: Soal ini menanyakan fungsi dari sebuah tindakan spesifik. Kalimat "This creates a center line" setelah instruksi tersebut menjelaskan tujuannya, yaitu untuk membuat garis tengah sebagai panduan. Pilihan (b) adalah yang paling sesuai.
-
Which step involves folding the paper in half again after the top corners are folded?
a. Step 1
b. Step 2
c. Step 3
d. Step 4Pembahasan: Soal ini membutuhkan pemahaman urutan dan deskripsi tindakan. Langkah "fold the paper in half along the center line again, with the folded corners on the outside" secara jelas merujuk pada langkah ketiga. Jawaban yang benar adalah (c).
-
To make the wings symmetrical, what should you do in step 5?
a. Fold the wings in a different direction.
b. Make sure the second wing matches the first one.
c. Fold the wings at a steeper angle.
d. Use a different piece of paper.Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman tentang pentingnya kesamaan dalam melipat. Kalimat "making sure it matches the first wing" pada langkah 5 secara langsung menjelaskan bagaimana membuat sayap simetris. Jawaban yang benar adalah (b).
-
What does the word "lengthwise" mean in step 1?
a. Across the shorter side.
b. Along the longer side.
c. Diagonally.
d. Vertically.Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman kosakata. "Lengthwise" berarti mengikuti arah panjang. Untuk selembar kertas A4, ini berarti melipatnya dari ujung ke ujung sepanjang sisi terpanjang. Pilihan (b) adalah definisi yang tepat.
Tips Tambahan untuk Latihan Soal Procedure Text
- Baca dengan Teliti: Selalu baca teks dan pertanyaan dengan cermat. Jangan terburu-buru dalam menjawab.
- Perhatikan Kata Kunci: Identifikasi kata kunci dalam pertanyaan (misalnya: first, next, after that, not, optional, purpose, meaning) dan cari kata kunci yang sesuai dalam teks.
- Pahami Struktur Teks: Kenali di mana bagian judul, tujuan, bahan, dan langkah-langkah berada. Ini akan membantu Anda menemukan informasi dengan cepat.
- Fokus pada Kalimat Perintah: Kalimat perintah (imperative verbs) adalah ciri utama teks prosedur. Perhatikan kata kerja yang digunakan dalam setiap langkah.
- Latihan Beragam Teks: Cobalah berlatih dengan berbagai jenis teks prosedur, mulai dari resep masakan, panduan penggunaan alat elektronik, hingga cara melakukan aktivitas sederhana. Semakin banyak variasi yang Anda temui, semakin siap Anda.
- Buat Catatan: Saat menemukan kosakata baru atau struktur kalimat yang menarik, catatlah dan coba gunakan dalam kalimat Anda sendiri.
- Kerjakan Latihan Soal Ujian Sebelumnya: Jika memungkinkan, cari soal-soal ujian Bahasa Inggris SMP kelas 3 dari tahun-tahun sebelumnya yang berkaitan dengan procedure text.
Kesimpulan
Menguasai procedure text adalah sebuah proses yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang struktur, kosakata, dan ciri kebahasaan. Melalui latihan soal yang terstruktur dan bervariasi, siswa SMP kelas 3 dapat secara efektif meningkatkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan menjawab pertanyaan terkait teks jenis ini. Artikel ini telah menyajikan berbagai tipe soal beserta pembahasannya, serta tips tambahan untuk memaksimalkan proses belajar. Dengan dedikasi dan latihan yang konsisten, procedure text tidak lagi menjadi momok, melainkan sebuah jenis teks yang dapat dikuasai dengan baik oleh setiap siswa.


